Senin, 23 November 2020

Metode Offbit : Sillent Way, Sugestopedia

 Prosedur Metode Silent Way di Dalam Kelas Guru mengajar tentang angka di kelas step 1 PIA English Course Manado. Pertama, Guru menyediakan alat peraga berupa Rod. Rod yang digunakan berjumlah sepuluh buah dengan warna yang berbeda-beda yang nantinya digunakan yaitu : red, blue, yellow, green, orange, brown, white, black, pink and grey. Sebagai alat 9 peraga dalam membentuk angka dan kalimat. Kemudian guru mulai menjelaskan warna-warna yang ada pada setiap rod beserta angkanya, seperti : red is one, blue is two, yellow is three, green is four, orange is five, brown is six, white is seven, black is eight, pink is nine and grey is ten. Setelah itu guru mengangkat rod yang ada secara berurutan dan kemudian dengan serentak siswa mulai mengucapkannya. Tahap ini dilakukan secara berulangkali sampai siswa mengerti akan warna dan angka yang di jelaskan oleh guru. Tahap selanjutya guru mulai membentuk kalimat dengan mengangkat salah satu rod dan mengatakan ³RQHLV UHG¥ dan kemudian memberikan rod yang dipegang oleh guru kepada salah satu siswa dan siswa tersebut mengulang kembali apa yang sudah dikatakan oleh guru. Setelah itu mengambil rod kedua dan memberikannya kepada siswa yang lain dan siswa tersebut harus mengatakan warna dan angka sesuai dengan apa yang sudah dijelaskan oleh guru. Guru melakukannya sampai pada rod yang terakhir. Guru kemudian mengumpulkan kembali rod yang ada dan mengangkat rod satu persatu secara acak dan dikatakan oleh siswa secara serentak dan benar. Metode ini digunakan agar dapat memudahkan siswa dalam memahami angka, warna dan kalimat. Guru mengunakan cara yang kreatif supaya lebih mendorong siswa dalam mengatakan angka, warna dan kalimat sehingga kosa kata tersebut dapat tersimpan dalam pikiran siswa dengan cepat. Secara teknis, penggunaan metode belajar bahasa Inggris dengan Silent Way adalah : [Setelah itu guru mengangkat rod yang ada secara berurutan dan seluruh siswa mulai mengucapkannya ] SS :  blue is two, yellow is three, green is four, orange is five, : [Guru melakukan hal tersebut secara berulangkali] Tahap selanjutnya guru mulai membentuk kalimat T : [Mengambil satu rod dan berkata]  [Memberikan rod yang dipegangnya kepada seorang siswa dan siswa tersebut mengulang apa yang dikatakan guru] S :  : [Mengambil rod yang kedua dan ketiga kemudian berkata ]  : [Siswa mengikuti dan berkata] [Mengambil rod berwarna orange dan menunjuk seorang siswa untuk menebak] S : ³ [Mengambil satu persatu rod secara acak dan menunjuk siswa secara bergantian untuk menebak rod tersebut] T : [Dengan hanya diam, guru mengambil rod berwarna merah muda dan menunjuk siswa] S : ³nine is pink¥ T : [Mengambil rod berwarna abu-abu, memberikan sinyal kepada siswa 11 untuk menebak] S : [Siswa dengan lantang berkata] ³ten is grey¥ T : [Mengambil rod berwarna coklat dan putih] SS : [Secara serentak seluruh siswa berkata]  : [Guru mengambil 5 rod yaitu hijau, abu-abu, kuning, hitam dan merah. Kemudian menunjuk seorang siswa menebak angka dari warna-warna tersebut] S : [Siswa mulai menebak dan berkata]  : [Mengambil rod warna putih dan memberikan sinyal kepada semua siswa untuk menebak] SS : [Seluruh siswa berkata] ³ : [Kemudian guru menyuruh seorang siswa maju ke depan kelas dan mengambil salah satu rod] S : [Siswa mengambil rod warna biru dan berkata] ³: [Memberikan perintah kepada siswa yang ada di depan kelas untuk mengambil salah satu rod dan menunjuk siswa yang lain untuk menebak rod tersebut] S : [Siswa mengambil rod warna orange dan memberikan sinyal kepada siswa lain untuk menebak] S : [Siswa berkata] ³ILYHLVRUDQJH¥ Hal ini dilakukan secara terus menerus oleh guru sampai siswa benar-benar mengerti apa yang diajarkan tadi. 12 Dengan penggunaan prosedur metode Silent Way siswa mempelajari penggunaan adjektiva, manajemen, peletakan kata, kosa kata baru, serta mereka mampu membuat perbedaan arti tanpa harus melakukan alih bahasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar